Thursday, November 15, 2007

Inersia

Pernahkah Anda mendorong mobil yang mogok? Kebetulan saya pernah. Berat sekali pada awalnya. Baru setelah mobil mulai bergerak, akan terasa ringan. Fenomena ini dijelaskan oleh Sir Isaac Newton dalam konsep "inertia" yang merupakan bagian penting dari hukum Newton tentang gerak. Apakah itu inersia? Karena saya bukan fisikawan, secara gampang saja, konsep inersia dapat dipahami dalam kalimat sebagai berikut: "bahwa benda yang diam akan cenderung diam, dan benda yang bergerak akan cenderung bergerak". Jadi sebuah benda yang dalam keadaan diam, akan cenderung mempertahankan keadaan diamnya. Itulah kenapa sebuah mobil yang diam memerlukan gaya yang lebih besar untuk dapat bergerak, dibanding ketika mobil tersebut sudah bergerak. Dan karena inersia juga,maka ketika Anda sedang melaju di jalan tol dengan kecepatan tinggi dan melakukan pengereman mendadak, maka tubuh Anda akan terdorong ke depan, karena tubuh Anda yang sedang bergerak maju akan cenderung mempertahankan gerak maju.

Apa hubungannya dengan bisnis? Ternyata, konsep inersia tersebut tidak hanya berlaku untuk benda dan gerak benda, namun juga dapat dianalogikan kedalam bisnis dan gerak bisnis:

Deperlukan "gaya" untuk dapat membuat bisnis yang diam mulai bergerak.

Ini bukan gaya dalam pengertian "style", namun gaya yang dalam bahasa Inggrisnya disebut "force". Ketika Anda memulai bisnis dari nol, maka usaha Anda dapat diibaratkan seperti sebuah benda diam. Yang sesuai hukum Newton, akan mempertahankan keadaan diamnya. Seperti halnya mendorong mobil dalam keadaan diam tadi. Makanya Anda tidak perlu heran, pada tahap awal bisnis, memang dibutuhkan force yang besar untuk membuat bisnis Anda mulai bergerak. Demikan juga Anda yang sudah memiliki bisnis yang sudah bergerak dengan kecepatan yang bagus, harus dijaga jangan sampai bisnis mengalami perlambatan atau bahkan berhenti. Karena, nantinya akan butuh gaya yang besar untuk membuatnya bergerak kembali.

Percepatan bisnis Anda dipengaruhi oleh besarnya "massa" bisnis Anda.

Dalam pengalaman keseharian, jelas lebih sulit mendorong truk dibanding motor misalnya. Karena massa truk yang lebih besar, maka dibutuhkan gaya yang lebih besar untuk membuat truk bergerak atau berubah kecepatannya. Demikian juga, semakin besar bisnis Anda, perlu gaya yang lebih besar untuk membuat bisnis Anda yang semula diam menjadi bergerak, ataupun membuat bisnis mengalami percepatan (perubahan kecepatan). "Gaya" tadi kalau dalam bisnis dapat berupa sumber daya manusia, waktu, modal, dsb.

Inilah kenapa dalam berbisnis selain mempertahankan kecepatan kita juga harus menjaga "massa" atau ukuran bisnis kita. Ketika bisnis Anda sudah bergerak, maka dengan ukuran bisnis yang semakin besar, Anda akan memperoleh percepatan yang lebih baik. Tidak salah makanya jika Anda melakukan eskpansi atau penambahan ukuran bisnis Anda, ketika sudah memperoleh kecepatan yang bagus. Sebaliknya, ketika bisnis Anda terhenti, untuk mempermudah agar bergerak kembali, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan mengurangi "massa" nya terlebih dahulu, supaya gaya yang diperlukan untuk membuat bisnis Anda bergerak kembali tidak terlalu besar.

Gerak bisnis Anda adalah resultant dari beberapa gaya yang mempengaruhi bisnis Anda.

Ketika Anda melempar sebuah bola ke depan, mengapa bola tidak terus bergerak lurus ke depan, namun bergerak melengkung dan jatuh ke bumi? Jawabannya karena selain terpengaruh gaya dorong lemparan yang Anda lakukan, bola juga terpengaruh gaya gravitasi yang menarik bola ke bumi. Demikian sebuah mobil yang dipasang rem tangan, akan sulit sekali di dorong, karena selain gaya dorong yang berlaku, ada gaya gesek dari rem tangan yang sangat kuat. Mungkin Anda merasa sudah memberikan "gaya dorong" yang sangat kuat kepada bisnis Anda, namun bisnis Anda masih tidak mau bergerak. Maka Anda harus memeriksa, mungkin ada "gaya-gaya" lain yang mempengaruhi bisnis Anda. Yang bisa jadi bahkan berlawanan dengan gaya dorong Anda. Seperti halnya gaya gesek rem tangan tadi.

Saya bahkan sempat mengalaminya. Dulu saya pernah mati-matian berjualan sebuah software online trading yang sangat bagus. Namun, bisnis saya tidak dapat bergerak, karena regulasi pada waktu itu tidak memungkinkan software yang saya jual untuk segera digunakan. "Gaya" yang saya berikan dalam bentuk modal, tenaga kerja, infrastruktur dan waktu, kalah dengan gaya gesek dari regulasi yang lebih kuat. Namun hal ini tidak selalu dalam pengertian negative. Misalnya, pengalaman saya belakangan dalam menjual software tools untuk membantu perusahaan menerapkan pengelolaan infrastruktur IT. Meskipun "gaya" yang saya kerahkan tidak sebesar sebelumnya, namun hasilnya justru jauh lebih baik. Usaha saya menggelinding dengan mudah. Ini karena ada faktor "gaya" lain yang positif, yaitu semakin banyaknya perusahaan yang menerapkan "best practice" pengelolaan IT, baik karena regulasi, ataupun dalam rangka good governance. Ini mirip mendorong mobil di jalanan menurun, menjadi ringan karena dibantu gaya gravitasi. Mungkin Anda punya contoh lain?

Dalam keadaan bergerak, bisnis Anda akan sulit berhenti.

Bisnis yang sudah jalan akan cenderung berjalan, kecuali ada gaya yang membuatnya berhenti. Ketika sebuah mobil sudah melaju kencang, sekalipun Anda matikan mesinnya, akan terus berjalan. Tentu saja hingga ada gaya yang membuatnya berhenti, misalnya gaya gesekan dari roda, gesekan rem, dsb. Makanya ketika bisnis sudah berjalan dengan baik, sebetulnya memiliki momentum untuk melaju dengan lancar. Dengan demikian tugas kita sebagai pemilik bisnis sesungguhnya adalah memastikan bahwa tidak ada gaya yang dapat memperlambat atau menghentikan laju bisnis kita. Contohnya, suatu ketika bisnis Anda kebanjiran order, tapi ternyata Anda tidak punya SDM yang cukup, atau Anda tidak mampu membeli bahan baku karena modal kerja Anda habis untuk investasi aktiva tetap, dsb. Dalam hal ini, akibat pengelolaan sumberdaya yang tidak sejalan dengan percepatan usaha, maka usaha yang sedang berjalan bagus tiba-tiba seperti direm mendadak.

Terakhir, pelajaran yang paling penting untuk diingat adalah, bagi Anda yang masih diam belum berani mencoba berbisnis. Ingat prinsip inersia. Semakin Anda diam, semakin berat nanti Anda untuk menggerakkan bisnis Anda. Dan ketika Anda sudah mencoba, maka gerak sekecil apapun akan membuat gerak bisnis berikutnya menjadi lebih mudah. (FR)

9 comments:

Untung said...

I love it this article ....

Bagus untuk pembelajaran bagi para mahasiswa yang mengambil mata kuliah Fisika Dasar tentang 'hukum Newton 1'

Saya sangat suka mengkaitkan materi kuliah dengan kehidupan sehari-hari agar lebih 'nyesep' dalam relung hati yang terdalam :D

http://www.klikdynasis.net/?id=un049

Iim Rusyamsi said...

Pak Fauzi,

Terima kasih tulisannya, membuat saya lebih sadar dalam berbisnis.

Ditunggu tulisan2nya lagi.

salam fuuntastic,
Iim Rusyamsi
Http://www.iimrusyamsi.com

Ono Karsono said...

Woow,benar2 menginspirasi. Salam kenal dari saya Pak.

Sangadi Budi W said...

Salam kenal laagi dari saya Pak,
Makin bagus aja tulisannya. Banyak pencerahan yang saya dapat setelah membaca tulisan Pak Fauzi....

Syamsul Arham said...

Pak Fauzi,

Apa hubungannya hukum newton dengan bisnis?

Ternyata Pak Fauzi menemkan satu link yang bagus antara keduanya.

Sangat inspiratif.

Wassalam,
Syamsul

Yusef J. Hilmi said...

Ah... Saya nambah referensi nich tuk mempropokasi orang lain tuk bergerak. Nuhun mas...

barb michelen said...

Hello I just entered before I have to leave to the airport, it's been very nice to meet you, if you want here is the site I told you about where I type some stuff and make good money (I work from home): here it is

叉燒包Peter said...

徵信社,尋人,偵探,偵探社,徵才,私家偵探,徵信,徵信社,徵信公司,抓猴,出軌,婚姻,劈腿,感情,第三者,婚外情,一夜情,小老婆,外遇,商標,市場調查,公平交易法,抓姦,債務,債務協商,應收帳款,詐欺,離婚,監護權,法律諮詢,法律常識,離婚諮詢,錄音,找人,追蹤器,GPS,徵信,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信社

lin said...

視訊做愛,免費視訊,伊莉討論區,sogo論壇,台灣論壇,plus論壇,維克斯論壇,情色論壇,性感影片,正妹,走光,色遊戲,情色自拍,kk俱樂部,好玩遊戲,免費遊戲,貼圖區,好玩遊戲區,中部人聊天室,情色視訊聊天室,聊天室ut,成人遊戲,免費成人影片,成人光碟,情色遊戲,情色a片,情色網,性愛自拍,美女寫真,亂倫,戀愛ING,免費視訊聊天,視訊聊天,成人短片,美女交友,美女遊戲,18禁,三級片,自拍,後宮電影院,85cc,免費影片,線上遊戲,色情遊戲,日本a片,美女,成人圖片區,avdvd,色情遊戲,情色貼圖,女優,偷拍,情色視訊,愛情小說,85cc成人片,成人貼圖站,成人論壇,080聊天室,色情